Merpati di Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

Merpati di Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019
Advertisements

Oleh Adi Arwan Alimin

MASIH pagi. Sekitar pukul 06.30 puluhan orang telah berkumpul di bawah tenda kerucut yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat. Tanggal 23 September 2018, tahapan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 akan digelar di sini. Di anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

Saya termasuk peserta karnaval pagi ini yang datang bergegas. Tepat pukul 06.29 menit saya telah berdiri di sisi undakan anjungan. Berharap tidak tertinggal mengingat agenda ini dalam tahapan ketat, dan melibatkan 16 partai politik dan 30 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 30 menit kemudian penulis mengontak korlap Pablo atau Kurniyadi, Kasubag Parmas yang mengordinir acara ini.

Rupanya karnaval yang akan menjadi acara pembuka deklarasi, belum dapat digelar jam 07.00. Sebagian peserta belum berkumpul meski area sekitar stage mulai disesaki peserta dengan oblong hitam bertulis “Deklarasi Kampanye Damai”. Ajudan Kapolda Sulbar bahkan memberitahu bahwa Jenderal Baharuddin sejak jam 06.00 telah lama bersiap.

Yang menarik, ratusan warga Mamuju kemudian datang menyemut di sekitar tempat acara. Awalnya penulis menduga bagian peserta karnaval. Rupanya mereka akan melakukan senam dengan para instruktur yang kemudian meminjam sound milik panitia. Sambil menanti peserta karnaval, momen senam aerobic sekitar 15 menit pun mengisi jeda.

Dengan dentum musik yang membahana sebagian peserta karnaval bahkan ikut senam bersama. Ini seolah mobilisasi massa kampanye damai padahal dua rangkai acara simbiosis. Warga dapat bersenam dengan fasilitasi sound yang luar biasa memekak, sedang penyelenggara mendapat limpah ratusan orang di persiapan kampanye damai.

Karnaval dengan jalan santai ini akhirnya dimulai. Penulis bersama staf mengatur barisan di depan masjid Muttahidah. Sambil berbanjar dalam barisan memanjang, jalan kaki ini pun meninggalkan area anjungan. Ratusan peserta Pemilu berbaur. Dengan kaos oblong tanpa atribut peserta Pemilu karnaval Pemilu 2019 menegaskan sebuah hal, kebersamaan dan kesetaraan.

Share this post

Post Comment