Pemilu 2019, dan Antusias Pemilih yang Menanjak

admin
Advertisements

Oleh Adi Arwan Alimin

PROSES Pemilu yang berfungsi dengan baik akan menghasilkan perwakilan rakyat yang bernas dan adil bagi semua orang. Pemilih tahap demi tahap pun makin menyadari urgensi partisipasi mereka di bilik suara.

Warga negara yang memenuhi syarat, dan telah terdaftar memiliki kesempatan untuk memilih, dan terus kita dorong untuk melakukannya. Untuk meningkatkan partisipasi Pemilu 2019, penyelenggara terus menyemai dan memupuk kesadaran pemilih melalui beragam sosialisasi pemilihan umum, yang bebas, adil, mudah diakses, dan aman hingga di bilik suara.

Pada 17 April 2019 setiap suara orang Indonesia yang memenuhi syarat bakal sangat menentukan. Yang menggembirakan sebagian besar rakyat memahami dan mengakui pentingnya memilih. Penulis optimis tingkat partisipasi di Pemilu Serentak 2019 akan meningkat, kita bisa melihat respon warga di semua level atau segmen pemilih yang antusias. Meski tak juga dapat menghindarkan seteru antarpendukung yang secara terbuka dapat disimak.

Sistem Pemilu yang dimulai sejak tahun 1955 di negeri ini, merupakan cara terbaik untuk mengukur keterpilihan calon pemimpin secara kuantitatif. Meski kita juga sangat berharap standar kualitatifnya makin meningkat pula. Untuk sesi ini rakyatlah yang berdaulat menentukan.

Next Post

Gempa, Moyang Kami Menyebutnya "Linor"

Oleh Adi Arwan Alimin Ia bagian dari ratusan keluarga di Tinambung yang mengungsi ke Wonomulyo. Masih duduk di bangku sekolah dasar ketika itu. Sebagai anak kecil, benaknya tak dipenuhi pengetahuan apapun tentang apa yang sedang terjadi, kecuali tanah yang berguncang hebat, hingga orang-orang harus berjalan sambil merangkak. Syukur salah satu […]

Subscribe US Now