Tamasapi Falls, Destinasi Wisata Air Terjun yang Mempesona

Tamasapi Falls, Destinasi Wisata Air Terjun yang Mempesona

Advertisements

Rupanya ada air terjun yang amat elok di sekitar Kota Mamuju. Jaraknya dari rumah hanya sekitar tujuh kilometer. Saya menggunakan alat ukur mekanis speedometer jadi mungkin tak begitu presisi.

Intinya air terjun ini sangat dekat, bila sedang di landmark Pantai Manakarra anda hanya cukup menggunakan beberapa menit untuk sampai. Semua orang di kota ini tahu jalur ke Kali Mamuju, bila tiba di sini warga akan menunjukkan posisi air terjun Tamasapi.

Jadi pembaca tidak perlu bepergian jauh untuk sekadar menikmati tumpahan air dari ketinggian 70-an meter lebih. Airnya berlimpah apalagi sedang musim hujan seperti saat ini. Tarif masuk per orang Rp5000.

Lani yang menjaga portal bambu di depan area air terjun menyebut, setiap hari destinasi ini ramai dikunjungi pelancong. Selasa pagi, seorang pekerja di sana juga mengatakan demikian.

“Hari minggu kemarin, mulai jam 07.00 sampai mau maghrib masih ramai pak,” ujarnya kepada penulis Selasa (9/6) saat membawa anak-anak mandi pagi di sana.

Air terjun ini mengalir jernih dari sungai Tamasapi. Potensinya cukup memukau untuk mengundang wisatawan. Jalur ke lokasi ini cukup menantang, tapi anda tidak boleh ngebut saat berkendara mengingat sisi Kali Mamuju juga menuang jurang cukup dalam. Arus kendaraan lancar, dan dapat dicapai menggunakan sepeda motor atau mobil.

Saya bersama keluarga menikmati anyesnya air terjun sekitar dua jam. Kami tak dapat berlama-lama, sebab curahan airnya yang disertai tekanan udara membuat tubuh cepat menggigil. Rasanya seperti di ruang ber-AC. Air terjun ini layak direkomendasi ke siapapun yang berkunjung ke kota Mamuju.

Saya memarkir kendaraan di tepi jalan pas di belokan menuju area ini. Lalu berjalan kaki bersama keluarga sekitar 10 menit, konturnya yang naik-turun cukup bagus untuk olah napas. Kami bertemu belasan pemotor yang tetap enjoi menikmati akses beton ke sana.

Bila anda berkunjung, dari jarak sekitar 100 meter gemuruh airnya yang jatuh ke bebatuan legam bakal menyihir agar segera mendekat. Penulis terkagum-kagum melihat pemandangan air terjun yang menakjubkan, seperti sosok yang berdiri jangkung ke langit.

Destinasi ini bakal menyedot animo warga, apalagi bagi mereka yang gemar berfoto. (*)

error: Content is protected !!