Jurnal Warga

Buku

Tiga Besar Sayembara Cerpen Jurnalwarga

Advertisements

Mamuju — Akhirnya tiga cerpenis memenangkan sayembara penulisan cerpen yang digelar laman Jurnalwarga.net. Sebanyak 20 naskah yang diterima panitia hingga batas akhir 19 Mei lalu, tanpa memperpanjang durasi meski beberapa peserta menyampaikan keterlambatan.

Tim kurator yang dipimpin novelis Mira Pasolong memilih tiga nama setelah diskusi cukup panjang dengan dua kurator lainnya; Andhika Mappasomba dan Adi Arwan Alimin.

Kriteria penilaian naskah ditekankan pada kesesuaian tema, ide dan kebahasaan. Secara umum semua peserta telah memenuhi standar tema mengenai Pandemi Covid-19. Sebelum memilih tiga nama besar, awalnya penjurian menunjukkan beberapa akumulasi nilai yang sama diantara peserta.

“Kami menentukan ini setelah melihat sisi tema yang sama kuat, lalu kurator merujuk penggarapan pada ide atau gagasan. Sebab pada item kebahasaan peserta juga bersaing,” kata Mira Pasolong, Ahad (31/5).

Cerpen berjudul “Guru Adama'” karya Saz Al-Fansyour, “Setoran Hafalan Faiz” karya Mencik, dan “Sekuntum Melati di Musim Pandemi” karya Wahyudi Hamarong berturut- turut sebagai juara 1, 2 dan 3. Dua proses kreatif lainnya milik Sunarto Natsir dan Amirullah berada di urutan empat dan lima.

20 cerita pendek yang diterima Jurnalwarga.net akan dibukukan sebagai antologi bersama. Even yang sama rencananya akan digelar setiap tahun untuk terus mendorong proses kreatif penulisan cerita pendek.

Tiga Besar Sayembara Cerpen Jurnalwarga

The Latest

To Top
error: Content is protected !!